HUBUNGAN ANTARA UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2006 TENTANG PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DENGAN PEMBERIAN PERLINDUNGAN KEPADA PARA “ PENIUP PLUIT ” ( WHISTLE BLOWER )[1]
Oleh : M.J.Saptenno
A. PENGANTAR
Lahirnya sebuah Undang-Undang sudah tentu didasarkan pada aspek filosofis , yuridis maupun sosiologis serta politis . Kehadiran Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, merupakan jawaban atas keprihatinan berbagai pihak terutama masyarakat pencari keadilan dan juga aparatur penegak hukum atau mereka yang berkecimpun dalam dunia peradilan yakni polisi, jaksa, hakim dan juga pengacara.
Perkembangan penegakan hukum di Indonesia dihadapkan pada berbagai masalah serius yang membutuhkan pemecahan dari aspek hukum dan harus ditunjang dengan proses atau mekanisme serta bukti-bukti yang kuat, sehingga melahirkan keputusan hakim yang mengandung nilai-nilai kebenaran dan keadilan.
Banyak kasus yang muncul kepermukaan yang menimbulkan berbagai polemik dalam masyarakat pada umumnya maupun pada komunitas hukum baik teoretisi maupun praktisi, terkait dengan alat bukti terutama saksi kunci atau pelalor yang belum dirumuskan secara tegas dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006.
Mencermati Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006, ternyata masih ditemukan beberapa aspek mendasar yang perlu diatur secara tegas dan jelas, sehingga dapat memberikan jaminan kepastian hukum.
Disadari sungguh bahwa setiap produk Undang-Undang di Indonesia tidak luput dari berbagai kekurangan dan keterbatasan, karena dipengaruhi oleh berbagai kepentingan politik.
Walaupun demikian Undang-Undang ini telah memberikan nuansa baru bagi proses- proses peradilan di Indonesia, yang masih jauh dari harapan bagi tegaknya hukum dan keadilan dalam masyarakat.
B. BEBERAPA ASPEK TERKAIT YANG MENDASARI EKSISTENSI UNDANG-UNDANGAN NOMOR 10 TAHUN 2006
1.Aspek Filosofis
a. Harkat dan martabat manusia
b. Keadilan
c. Kekuasaan/Wewenang
d. Independensi
e. Kebebasan
f. Keterbukaan
g. Pemenuhan Hak
h. Tanggungjawab , baik negara atau penguasa maupun masyarakat.
i. Partisipasi baik individu maupun kelompok atau komunitas tertentu.
2. Aspek Yuridis
a. Adanya jaminan secara Konstitusional ( Pembukaan UUD Negara Republik Indoensia tahun 1945 ) dan pasal 27 ayat ( 1 )
b. Berbagai Undang-Undang organik lainnya yang terkait
3. Aspek Sosiologis
a. Tuntutan masyarakat untuk terwujudnya keadilan baik secara prosedural mapun substansial
b. Adanya tekanan dan ancaman dari berbagai pihak
c. Tuntutan bagi adanya kepastian hukum dan pemenuhan hak
d. Jaminan perlindungan untuk rasa aman dari ancaman tertentu
e. Keberanian untuk mengungkapkan berbagai fakta dalam suatu peristiwa hukum
f. Adanya kelembagaan yang berwenang dengan struktur yang memadai
g. Proses peradilan yang kurang mencerminkan asas , sederhana, cepat, dan biaya murah .
h. Hubungan antar kelembagaan yang terkait, dalam rangka perlindungan saksi
4. Aspek Politis
a. Adanya political will dari pengusa atau pemerintah
b. Adanya tekanan dari berbagai organisasi kemasyarakatan ( NGO ) yang prihatin terhadap proses-proses penegakan hukum yang bias hukum dan keadilan
c. Pengaruh politik terhadap hukum atau Undang-Undang yang begitu kuat sehingga, produk kesepakatan politik tersebut tidak luput dari berbagai kekurangan .
5. Asas-Asas
Asas-asas hukum sebagai landasan perumusan norma sedapat mungkin harus dijadikan sebagai pedoman dalam pembentukan Undang-Undang ( Sudikno Mertokusumo : 2001 ) Asas-asas yang dimaksud disini adalah asas substansial yang terkait dengan materi muatan suatu Undang-Undang ( Saptenno M.J. : 2007 )
Di dalam Undang-Undang ini tertuang beberapa asas namun asas-asa tersebut hanya pajangan saja tanpa makna , karena dirumuskan sebagai norma yang tidak mungkin dilaksanakan ( Hadjon : 2005 ) Apa yang dirumuskan dalam pasal 3 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2006, merupakan rumusan yang tidak tepat dalam suatu struktur dan substansi Undang-Undang yang baik.
Oleh karena itu yang tepat adalah penempatan asas-asas tersebut pada bagian penjelasan umum dan kemudian asas-asas tersebut dijabarkan dalam berbagai rumusan norma dalam Undang-Undang tersebut.
6. Norma Hukum sebagai Penuntun
Norma hukum merupakan penuntun untuk berprilaku dan mengandung sanksi-sanksi yang tegas , sehingga dalam implementasinya mempunyai manfaat atau berguna dalam menata kehidupan masyarakat.Norma hukum harus tegas dan lugas dan tidak boleh memberikan penafsiran ganda atau sering juga membingungkan karena tersamar.
C. BEBERAPA HAL PENTING YANG BELUM DIATUR DALAM SUBSTANSI MATERI UNDANG-UNDANG TAHUN 2006 .
Jika dicermati pasal demi pasal dari Undang-Undang Nomor 13 tahun 2006, ditemukan beberapa hal yang belum sempat diatur antara lain :
1.Wewenang atau kekuasaan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK ) yang lebih luas . Rumusan dalam pasal 11 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 belum cukup memberikan wewenang atau kekuasaan yang luas bagi LPSK.
2. Rincian tugas dan wewenang LPSK, belum dirumuskan secara jelas dalam Undang-Undang ini. Pasal 12 hanya merumuskan secara umum tugas dan wewenang LPSk namun tidak secara rinci, misalnya termasuk wewenang untuk menghadirkan saksi kunci dengan jaminan perlindungan hak-haknya.
2. Fungsi kelembagaan yang bersifat aktif . Fungsi yang dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2006 khususnya pasal 29 adalah fungsi kelembagaan lebih bersifat pasif, karena menunggu laporan atau permintaan dari para saksi dan korban yang ingin dilindungi. Seharusnya LPSK dapat bertindak untuk melindungi tanpa harus menunggu laporan atau permintaan dari saksi dan korban.
3.Jaringan LPSK di daerah yang dapat melaksanakan tugas-tugas LPSK secara nasional. Undang-Undang Nomor 13 tahun 2006 memberikan batasan secara formal tentang pembentukan kelembagaan secara formal hanya berada pada daerah tertentu. Diharapkan ada lembaga non formal namun mempunyai wewenang untuk dapat bekerja secara bersama dengan LPSK .
4. Hubungan antar kelembagaan terkait harus dirumuskan secara tegas karena bisa saja terjadi ego sektoral dan demi kepentingan tertentu sehingga mengabaikan LPSK sebagai lembaga yang berwenang. ( Contoh Kepolisian berdasarkan UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian mengklaim telah melakukan perlindungan saksi dan korban secara maksimal )
5. Kekuatan Mengikat dari keputusan LPSK. Pasal 29 huruf c belum secara tegas mengatur kekuatan mengikat suatu keputusan LPSK
6. Partisipasi masyarakat untuk secara sadar menjadi saksi, karena adanya jaminan perlindungan yang maksimal.
7. Saksi kunci atau pelapor atau peniup pluit ( WHISTLE blower ).
D. UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP PARA PENIUP PLUIT ( WHISTLE BLOWER )
Undang-Undang Nomor 13 tahun 2006 tidak mengatur secara khusus perlindungan terhadap para peniup pluit ( WHISTLE Blower ). Definisi atau makna tentang peniup pluit ( WHISTLE Brower ) tidak dirumuskan sebagai norma dalam Undang-Undang ini.
Untuk adanya kepastian hukum dan menjawab berbagai masalah yang muncul dalam masyarakat yang dinamis maka Undang-Undang ini harus diusulkan untuk direvisi dan merumuskan norma yang dapat memberikan jaminan perlindungan terhadap peniup pluit ( whistle blower ) . Artinya Saksi kunci atau pelapor ini mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam mengungkap fakta dari suatu kasus, namun tidak ada jaminan perlindungan hukum dan hak yang normatif maka sudah tentu tidak ada pihak yang mau terlibat dalam proses-proses peradilan secara maksimal.
Rumusan norma ini sangat penting karena pelapor inilah yang sering menjadi sasaran dari berbagai pihak yang mempunyai kepentingan tertentu. Pada hal saksi kunci atau pelapor ini mempunyai kedudukan strategis dalam mengungkapkan fakta dari suatu tindak pidana yang dialaminya sendiri
Diwaktu mendatang pasti banyak orang yang akan menjadi saksi kunci atau pelapor ( whistle blower ) jika ada jaminan dalam Undang-Undang, namun lebih dari itu dalam implementasinya maka LPSK harus mempunyai kekuasaan atau wewenang yang kuat sebagai lembaga independen.
E. PENUTUP
Demikianlah beberapa pokok pikiran secara singkat yang dapat disampaikan untuk dapat dijadikan sebagai bahan diskusi. Semoga bermanfaat.
Bahan Rujukan :
Hadjon P.M. 2005, Analisis Yuridis terhadap Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Makalah, Univewrsitas Airlangga, Surabaya.
Mertokusumo Sudikno, 2001 Penemuan dan Pembentukan Hukum, Liberty Yokyakarta.
Saptenno, M.J. 2007, Perumusan Asas-Asas Substansial Dalam Pembentukan Undang-Undang di Indonesia , Disertasi, PPS Universitas Airlangga Surabaya.
[1] Makalah disampaikan pada Sosialisasi dan Diskusi Publik LPSK, di Hotel Aston Natsepa Ambon, tanggal 10 Desember 2010.