Pelatihan AMI

Lembaga Penjaminan Mutu FH Unpatti Gelar Pelatihan SPMI dan AMI

Berita

Unpatti,- Lembaga Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Unpatti gelar Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) , berlangsung di Aula lantai 3 Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Selasa, 9 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksankan dari tanggal 9-15 Juli 2024 bertujuan untuk memfasilitasi penguatan manajemen dan dokumen unit penjaminan mutu program studi melalui pelatihan penyusunan dan revisi dokumen SPMI dan memfasilitasi pelatihan auditor mutu internal Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Dekan Fakultas Hukum, Dr. Hendrik Salmon, S.H., M.H. dalam sambutan mengatakan, Sistem Penjaminann Mutu Internal merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. FH unpatti dalam kesiapan menuju akreditasi internasional maka diperlukan standar mutu yang sesuai dengan standar yeng telah ditetapkan oleh lembaga akreditasi internasional. Dan untuk kesiapan tersebut, FH Unpatti bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3MP) melakukan Pelatihan Sistem Penjaminann Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang komprehensif bagi seluruh peserta sehingga semua proses tahapan akreditasi internasional fakultas hukum dapat berjalan sesuai dengan mekanisme dan standar penjaminan mutu yang baik.

Lanjut dikatakan, untuk proses menuju akreditasi internasional, maka diperlukan penataan pengelolaan layanan akademik, keuangan dan IT yang baik sesuai dengan standar sistem penjaminan mutu. “ Fakultas Hukum Unpatti telah berproses dalam menyiapkan tahapan akreditasi, mulai dari sistem penjaminan mutu, sarana dan prasarana pendukung seperti, fasilitas bagi penyandang disabilitas, ruangan kelas internasional dan penyiapan mata kuliah yang akan di rancang bagi mahasiswa asing. Semua tahapan perlu dipersiapan dengan baik sesuai dengan standar mutu, sampai dengan penginputan dokumen. ” ungkap dekan.

Dekan juga memberikan apresiasi kepada tim penjaminan mutu yang mampu bekerjasama dalam menyiapkan berbagai dokumen dan mau belajar bagaimana menata pengelolaan akademik untuk penguatan kapasitas unit penjaminan mutu program studi ilmu hukum untuk mempersiapkan fakultas hukum menuju akreditasi unggul.

Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Unpatti, Dr. J. Mustamu, S.H., M.H. menyampaikan, Unit Penjaminan Mutu, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Pattimura memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Unit Penjaminan Mutu sebagai respon terhadap kebutuhan peningkatan kapasitas unit penjaminan mutu program studi ilmu hukum Fakultas Hukum Universitas Pattimura. “Kegiatan ini tidak hanya sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas unit penjaminan mutu program studi ilmu hukum secara kelembagaan untuk mewujudkan peningkatan mutu akademik program studi ilmu hukum secara berkelanjutan, tetapi juga sebagai persiapan menjelang pelaksanaan reakreditasi fakultas dan upaya untuk mencapai sertifikasi dan akreditasi internasional” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pada pelatiahan SPMI dan AMI metode yang akan digunakan yakni, penyampaian materi, diskusi/tanyajawab, kerja kelompok, presentasi, praktik, penyusunan dokumen laporan, dan evaluasi. Pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berlangsung selama dua hari dan dilanjutkan dengan kegiatan Audit Mutu Internal yang berlangsung tiga hari. Melalui kegiatan tersebut, peserta diberikan materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal, pengerjaan tugas kelompok dan presentasi. Selain itu, peserta juga diberikan penjelasan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Pattimura dalam mewujudkan visi UNPATTI.

Harapannya, setelah pelatihan ini dapat menambah sejumlah Auditor yang kelak dalam melaksanakan tugasnya dapat memberikan optimalisasi nilai tambah bagi Prodi Ilmu Hukum dan Fakultas Hukum Universitas Pattimura.
Pada pelatihan ini juga dilakukan Pre-Test untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan awal para peserta tentang Sistim Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi maupun SPMI UNPATTI.

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) tersebut, mendatangkan Narasumber yakni Dr. Yoseph Pagaya, M. Kes., . J. M. Tupan, ST., MT., Ir. J. Labetubun, MP. Para pemateri akan menyampaikan materi terkait dengan Kebijakan Nasional SPM Dikti dan SPMI-PT, Kebijakan SPMI., Manual SPMI., Standar SPMI., Teori AMI., Perencanaan AMI., Teori Pelaksanaan AMI.

Kegiatan Penguatan Kapasitas Unit Penjaminan Mutu Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Pattimura merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kapasitas manajemen dan dokumen penjaminan mutu Fakultas Hukum Universitas Pattimura sesuai standar akreditasi yang ditetapkan.

Sumber: HUMAS UNPATTI